Internet Aman Bagi Anak-anak


Setiap orang tua punya tanggung jawab terhadap aktivitas anak mereka di dunia maya. Supaya tidak kebablasan, orang tua disarankan terus memantau setiap kegiatan anak-anaknya ketika sedang menggunakan komputer atau ponsel untuk berinternet.

Apa yang harus dilakukan orang tua supaya dapat memahami kebutuhan si anak di dunia online. Berikut tipsnya:

- Ketahui kalau perlu terlibatlah dalam lingkungan online yang sering diikuti si anak. Dari situ akan ketahuan jenis pergaulan atau permainan seperti apa yang disukai anak dan kegiatan apa yang sesuai untuk mereka.



- Bicarakan dengan anak anda mengenai apa yang sedang mereka lakukan di internet. Misalnya, sedang mencari informasi tentang apa atau cerita apa yang disampaikan game itu dan bagaimana cara memainkannya.

- Tanyakan kepada anak, dengan siapa saja mereka bermain dan berbincang-bincang di dunia maya.

- Ingatkan anak tentang aturan keamanan untuk berselancar di internet termasuk memainkan game.

- Kenalkankah mereka dengan prinsip "SMART" dalam berinteraksi di dunia online.

SMART:
S (Safe atau Keamanan)
Jangan memberikan informasi pribadi, seperti nomor telepon dan password email kepada orang tak dikenal ketika sedang chatting.

M (Meeting atau Bertemu)
Waspadalah dengan kenalan di dunia maya yang ingin bertemu langsung.

A (Accepting atau Menerima)
Hati-hatilah ketika menerima email, instant messaging, atau membuka file dan gambar dari orang asing karena bisa jadi berisi virus atau pesan yang tidak baik.

R (Reliable atau Kesesuaian)
Jangan terlalu percaya dengan informasi yang didapat mengenai seseorang di dunia maya karena bisa jadi info itu palsu. Untuk mengantisipasinya, lakukan pengecekan ulang terhadap informasi tersebut di beberapa situs lain, melalui buku atau orang yang lebih tahu.

T (Tell atau Katakan)
Beritahu orang tua, wali atau orang dewasa yang bisa dipercaya apabila merasa tidak nyaman atau mengalami bullying secara online.

Related

TIPS 5532935723758720844

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman informasi menarik terbaru dari infoAJAE di inbox anda:

Delivered by FeedBurner

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item